Mar 22, 2016

Beginilah Sekilas Prosedur Permohonan Darah ke PMI Solo




Alamat PMI Solo:

Jl. Kol. Sutarto No.58, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Tepatnya depan RS Moewardi Jebres.

Sumber: pengalaman pribadi. 7 & 9 Maret 2016.

Syarat permohonan darah: Membawa surat permohonan darah dari RS pasien dirawat, biasanya kita dibekali semacam termos yg di dalamnya sudah ada sampel darah pasien.

7 Maret 2016. Sekitar pukul 22.30.


Perawat RS DKT Solo meminta saya untuk mencarikan darah untuk ibu saya, di surat permohonan darah tertera butuh 3 kantong darah A+. Sempat kaget karena keluarga pasien yang disuruh mencari darah sendiri ke PMI, belakangan saya memahami kenapa begitu, karena tidak semua rumah sakit memiliki bank darah sendiri.

Sebenarnya ibu saya punya fasilitas askes yang bisa dipakai untuk memperoleh darah secara gratis, tetapi pada jam segitu, bagian BPJS di RS sudah tutup dan perawat mengatakan untuk pakai biaya sendiri terlebih dahulu, besok kalau sudah buka bisa dimintakan surat2 kelengkapan untuk klaim BPJS.

Prosedur permohonan darah tanpa BPJS:
  1. Pergi ke loket lantai 1, kadang kalo ga ada petugasnya bisa langsung ke lantai 2.
  2. Serahkan saja termos dan surat permohonan darahnya ke petugas.
  3. Petugas mengecek sampel darah dan surat permohonan darah.
  4. Proses tunggu (tes/screening darah yg diminta) kurang lebih 3 jam.
  5. Darah bisa diambil, sekalian membayar Rp360.000,- per kantong darah.*
*Biaya Rp360.000,- bukan untuk membeli darahnya, tapi untuk membiayai serangkaian uji/screening darah. Jadi, entah itu ambil darah dari PMI/ cari pendonor sendiri akan dikenakan biaya yang sama apabila tanpa BPJS. 


9 Maret 2016. Pagi.


Kantong darah terakhir hampir habis ditransfusikan. Dalam hati Alhamdulillah, sebentar lagi ibu boleh pulang. Menunggu pemeriksaan darah pasca transfusi sambil menonton tv live broadcast gerhana matahari total 2016 yang katanya siklus 300an tahun. Subhanallah :)

Sekitar pukul 10.00 posisi sedang gantian pulang ke rumah, dapat telpon dari adek bilang ibu butuh darah lagi 2 kantong karena Hb nya masih blm normal. Duhh, hati anak mana yg ga sedih-khawatir-kacau dapat kabar begini via telpon........................dst (saya mungkin akan hiperbol kalo melanjutkan ini, jd cukup!)

Singkat cerita, bapak2 perawat memberikan termos dan surat permohonan darah lagi ditambah surat eligibilitas BPJS, tidak cuma itu, bapak perawat itu juga sudah menyiapkan sebendel berkas yg katanya untuk klaim darah yang kemarin.

Saya tanya, Pak ini bukannya tanggal merah, jd harus pake biaya sendiri lagi, njih? // Nggak mbak, td saya lewat bagian BPJS ada petugasnya 1 saya suruh nguruskan. Subhanallah, baik sekali bapak ini, saya doakan kebaikannya kembali ke bapak.

Prosedur permohonan darah dengan BPJS;

  1. Pergi ke loket lantai 1, kadang kalo ga ada petugasnya bisa langsung ke lantai 2.
  2. Serahkan saja termos, surat permohonan darah, surat eligibilitas BPJS nya ke petugas.
  3. Petugas mengecek sampel darah, surat permohonan darah, surat eligibilitas BPJS.
  4. Ternyata surat permohonan darah dan surat eligibilitas BPJS perlu di fotokopi, Karena libur tanggal merah, saya hrs berjalan agak jauh ke samping RS Moewardi.
  5. Proses tunggu (tes/screening darah yg diminta) kurang lebih 3 jam. Tapi karena 1 dari 2 kantong darah yg saya butuhkan merupakan darah segar (langsung diambil dari pendonor saat itu juga) proses tunggu relatif lebih lama jadi lebih dari 4 jam. Petugasnya bilang karena rangkaian uji/tes/screening darah segar lebih banyak makanya lebih lama juga.
  6. Darah bisa diambil, tanpa mengeluarkan biaya.
Biaya yang saya bayarkan pada tgl 7 Maret 2016 belum bisa saya klaim karena memang hari libur. Petugas bilang bisa diklaim pada hari kerja tapi hanya pagi saja.

Persyaratan klaim BPJS di PMI Solo lantai 3:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi KK
  3. Fotokopi kartu BPJS
  4. Surat permohonan darah yg disahkan RS + BPJS
  5. Surat Eligibilitas BPJS
  6. Surat Pengantar Darah Transfusi (SPDT)
  7. Kuitansi Pembayaran



1 komentar:

FNR said...

There is something called 'destiny'. I end up lost my mum. For everything I never ever thought It will be but it did happen. I'm just not ready. Forever I'm not.

Post a Comment

Thanks for coming!

 
© Copyright 2035 FNR'S
Theme by Yusuf Fikri